Harga Pokok Produksi Pada Inovasi Desain Kemasan Produk Kuliner (Studi Kasus Home Industri Jenang Kenep Sukoharjo)

Assalamu'alaikum, 

Kali ini, aku mau berbagi link jurnal nih,  salah satu output PKM-M dulu, judulnya:

Harga Pokok Produksi Pada Inovasi Desain Kemasan Produk Kuliner (Studi Kasus Home Industri Jenang Kenep Sukoharjo)

Jurnal yang di presentasikan Nuri dan Siska di Seminar Sancall FEB UMS, dibimbing juga sama Ibu Aflit :) 

Klik link:

Abstrak

Kesuksesan penjualan produk dapat dicapai ketika wirausaha tepat pada saat penentuan harga. Home industry kuliner di Kelurahan Kenep Sukoharjo saat ini sedang giat mengembangkan usahanya. Produk jenang yang dihasilkan sedang berencana untuk melakukan inovasi kemasan. Inovasi kemasan dilakukan agar dapat menarik lebih banyak konsumen dan memperluas jaringan pemasaran di toko oleh-oleh. Kemasan awal produk jenang berupa daun pisang dan kertas koran bekas. Inovasi kemasan yang direncanakan berupa mika plastic dengan stiker label kemasan dan kardus. Tujuan penelitian ini yaitu menghitung dan membandingkan harga pokok produksi (HPP) kemasan asli produk jenang dengan HPP dari produk dengan desain kemasan yang baru. Penentuan sample penelitian menggunakan metode purposive samping yaitu home industry jenang yang sedang merencanakan inovasi kemasan. Metode pengumpulan data dari penelitian ini yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penghitungan HPP dari tiga inovasi desain kemasan memiliki berbagai perbedaan khususnya pada biaya overhead. Kemasan kardus memiliki HPP per unit tertinggi yaitu Rp12.700,00. Desain kemasan menggunakan mika persegi dengan label stiker HPP per unit mencapai Rp12.661,00 tidak jauh berbeda dengan penggunaan kardus. Desain pengemasan dengan menggunakan plastic mika kecil HPP per unit Rp9.008,00 dan HPP per unit terendah yaitu penggunaan kertas sebagai pembungkus yaitu Rp5.755,00. Penentuan HPP akan mempermudah pemilik home industry jenang untuk menetapkan harga yang sesuai dengan laba yang diinginkan. Penelitian selanjutnya dapat menentukan segmen pasar yang sesuai dengan inovasi desain kemasan.

Kata Kunci: inovasi kemasan, harga pokok produksi, home industry

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Banyak cerita banyak warna

Rekomendasi Novel terkait Perempuan

Jangkrik