Rekomendasi Novel terkait Perempuan

Ada 4 novel yang Saya Rekomendasikan yang mengambil cerita tentang Perempuan. Sedikit ulasan pastinya tak mampu menggambarkan keseluruhan isi cerita yang dituangkan dengan apiknya.

1. Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, karya Ahmad Tohari


Trilogi ini terdiri dari buku-buku yang berjudul Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dini Hari, dan Jantera Bianglala.
Berlatar tempat di Dukuh Paruk, sebuah desa terpencil, terbelakang, dan dihinggapi kemiskinan. Srintil menjadi angin sejuk bagi Dukuh Paruk yang kering, dan telah lama kosong tanpa Ronggeng selama bertahun-tahun.
Srintil telah mengisi kekosongan itu dengan menjadi Ronggeng di usia belia.
Kehidupan Ronggeng membawa kebiasaan baru yang harus dilakukannya, dan menghilangkan Rasus; pujaan hatinya.
Bertahun-tahun hanya mengikuti perintah induk semangnya, menjadi Ronggeng, bertayub, dan berhubungan dengan banyak lelaki.
Ia akhirnya mampu melawan, dan hidup atas kehendaknya sendiri.
Sayangnya, jiwanya akhirnya tergoncang karena dihinggap kekecewaan atas ketidakberdayaannya mencapai keinginan untuk menjadi seorang ibu dan istri seutuhnya.

2. Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur, karya Muhidin


Tokoh utama dalam novel ini adalah Nidah Kirani yang awalnya menjalani berbagai ritual agama dengan tekun. Yang kemudian mengikuti sebuah organisasi Jemaah yang mencita-citakan Daulah Islamiyah di Indonesia. Namun ia mengalami kekecewaan, ia merasakan begitu sakitnya patah hati pada Tuhan, Kiran mulai menampakkan sikap melawan Tuhan. Salah satunya yaitu menjadi Pelacur. Kisah ini dan pemikiran Kiran cukup mencengangkan pembaca, terutama bagi Anda yang beragama dengan taat. Di bagian akhir buku ini telah menuai berbagai kritik dan kecaman atas pemikiran Kiran, tapi tak sedikit juga pujian yang diterima juga. Namun, banyak hikmah yang bisa diambil dari cerita ini, tinggal bagaimana Kita saring menurut yang Kita yakini.

3. Perempuan di Titik Nol, karya Nawal el Saadawi


Diangkat dari kisah nyata, tentang Firdaus, yang menolak grasi kepada Presiden, atas pembunuhan yang dilakukannya terhadap seorang germo. Novel ini menceritakan bagaimana lika liku kehidupan Firdaus, sejak ia tinggal di desa hingga menjadi pelacur kelas atas di kota Kairo.

4. Tentang Kamu, karya Tere Liye


Novel ini awalnya Saya kira bercerita tentang kisah cinta sepasang kekasih. Namun Tere Liye malah memberikan satu cerita menarik. Masih berhubungan dengan cinta, tapi cinta seorang perempuan pada keluarganya, pada sahabatnya, pada orang-orang di sekitarnya, dan tentu pada dirinya sendiri.
Melalui seorang pengacara yang mencoba mengulik kisah hidup Sri Ningsih. Sri Ningsih, potret seorang anak perempuan yang tangguh, seorang kakak penyayang, seorang pembisnis cerdas, seorang karyawan pekerja keras, diceritakan begitu mempesona.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Banyak cerita banyak warna

Jangkrik