Peran Mahasiswa Dalam Adopsi E-Commerce (Studi Kasus Pengusaha Olahan Jenang Kedunggudel Sukoharjo)
Ini jurnal untukmu. Disusun untuk jadi salah satu luaran salah satu kegiatan Kami: tim penulis jurnanlnya.
Big love and thank, Siska dan Nuri. Kalian sudah membantu dan menemaniku meraih impianku. Dari rasa ambis, seneng, ga nyangka, kaget, bingung, pusing, pusing, pusing, pusing, pusing, sampai selesai program ini. Sangat bersyukur dikasih pengalaman ini. Alhamdulillah:') Epic moment masih dipegang sama first time kita meyakinkan pasangan bapak-ibu buat mau ikut program kita, diawal udah hampir diusir tanpa hasil. Tapi kalian berdua hebatttttt bangetttttt!
Peran Mahasiswa Dalam Adopsi E-Commerce (Studi Kasus Pengusaha Olahan Jenang Kedunggudel Sukoharjo)
Abstract
Pengguna media social di Indonesia sangat tinggi. Kegiatan perekonomian saat ini sering
menggunakan media social sebagai alat promosi atau sering dikenal sebagai e -commerce.
Wirausaha yang aktif melakukan e-commerce memiliki area penjualan yang lebih luas
dibandingkan dengan penggunaan promosi melalui luring (luar jaringan). Wirausaha
pengolahan jajanan tradisional jenang belum menerapkan e-commerce dalam pengembangan
usahanya. Kurangnya pemahaman mengenai e-commerce menjadi kendala bagi wirausaha
tersebut. Mahasiswa yang kehidupannya sehari-hari tidak dapat terlepas dari media social
dapat memberikan masukan dan pendampingan bagi wirausaha jenang Kenep Sukoharjo.
Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan peran mahasiswa dalam mengembangkan
usaha jajanan tradisional melalui adopsi teknologi e-commerce. Metode penelitian ini
menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu wirausaha pengolahan
jajanan tradisional jenang antusias dalam mengikuti pendampingan adopsi teknologi e commerce.
Sedangkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berwirausaha secara langsung
dari pelaku usaha. Namun efektif atau tidaknya e-commerce dalam pemasaran produk jenang
belum diukur, sehingga menjadi peluang penelitian selanjutnya yaitu pengukuran tingkat
keberhasilan penggunaan metode e-commerce pada wirausaha kecil.
Komentar
Posting Komentar